Pertemuan 1 – Pengenalan Java

java-oracle

Java adalah sebuah bahasa pemrograman yang banyak menghiasi berbagai macam program aplikasi yang ada. Java dikategorikan sebagai program yang berorientasi objek dan dapat berjalan di platform manapun.

1. Sejarah Java

      Java adalah bahasa program yang terlahir dari sebuah projek yang bernama Green Project. Green Project sendiri adalah program untuk mengendalikan perangkat elektronika rumah tangga. Orang-orang yang terlibat dalam projek tersebut adalah Patrick Naughton, Mike Sheridan, dan James Gosling, beserta sembilan pemrogram lainnya. Mereka bekerja di Perusahaan Sun Microsystems . pada saat itu James Gosling, dkk sedang merancang projek tersebut dengan menggunakan bahasa C++, akan tetapi bahasa program ini memiliki banyak masalah di dalamnya. Masalah-masalah tersebut diantaranya: pewarisan majemuk (multiple inheritance) dan bug program berupa kebocoran memori (memory leaks).  Tak ingin membebani timnya dengan masalah yang ada, maka gosling pun membuat bahasa pemrograman sendiri dan ia beri dengan nama OAK. OAK diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja James Gosling. Akan tetapi nama tersebut tidak dipakai untuk versi release karena nama tersebut telah terdaftar merek dagangnya pada perangkat lunak yang lain. Sehingga ia menggantinya dan memberi namanya dengan “Java”. Kenapa java? Pasti kita mengira java adalah jawa dan ada hubungan dengan jawa? Jawabannya benar karena java adalah kota asal kopi murni kesukaan Gosling yang digiling langsung dari bijinya (kopi tubruk).

2. Karakteristik Java

  • Sederhana

Java dirancang agar para programmer atau orang IT agar mudah untuk mempelajarinya, terutama bagi programmer dengan menggunakan bahasa C++, akan mudah sekali bagi mereka untuk mempelajarinya. Karena ada beberapa fitur bahasa C++ dihilangkan oleh java karena dianggap tidak diperlukan. Seperti pointer matematis, casting tipe implicit, struktur atau union, operator overloading, template, header filer, maupun pewarisan majemuk (multiple inheritance).

  • Bersifat Objek Oriented

Java adalah bahasa pemrograman yang murni berinterasi dengan objek-objek yang ada. Objek-objek tersebut memiliki atribut dan tingkah laku

  • Bertipe Statik

Program-program yang ada haruslah dideklarasikan sebelum digunakan. Cara ini meminimalisir terjadinya konflik-konflik tipe.

3. Platform

aplikasi yang ditulis dapat langsung dijalankan.

Java Platvorm

Platform Java yaitu:

  • J2SE (Java 2 Second Edition)

adalah platform java yang digunakan untuk merancang aplikasi desktop dan applets dengan bahasa dasar yang mendukung grafis, M/K, keamanan, konektivitas basis data dan jaringan.

  • J2ME (Java 2 Micro Edition)

adalah platform java yang tertanam untuk aplikasi mobile dan embedded system. J2ME biasanya digunakan untuk merancang perangkat lunak handphone.

  • J2EE (Java 2 Enterprise Edition)

digunakan untuk aplikasi berskala besar yaitu enterprise. J2EE banyak digunakan sebagai platform untuk pemrograman di sisi server.

4. Kelebihan java:

  • Multiplatform

aplikasi ini bisa berjalan pada platform yang berbeda. mau itu di Mac, Windows, Linux, Unix. karena setiap platform memiliki JRE yang digunakan untuk menjalankan program java

  • Multithreading

yaitu menjalankan dua atau lebih task ( tugas ) yang dieksekusi dalam satu program secara konkruen ( pada saat yang bersamaan ).

 

5. Kekurangan java:

  • Mudah didekompilasi

Kita ingin setiap program yang kita buat, tidak ingin orang lain melakukan peniruan atau pembajakan, apalagi tanpa adanya izin dari kita sebagai programmer. nah inilah kekurangan java. aplikasi yang kita buat dengan bahasa java ini sangat sulit untuk menyembunyikan bahkan orang lain mudah untuk mengambil kode sumbernya. Dekompilasi disini maksudnya proses membalikkan aplikasi java menjadi kode sumber.

  • Penggunaan memori yang banyak

Bahasa pemrograman java menggunakan memori lebih banyak dibandingkan Bahasa pemrograman lainnya seperti C/C++, Pascal dan Bahasa lainnya.

 

6. Istilah-Istilah Umum

  • JDK (Java Development Kit)

JDK adah perangkat lunak yang digunakan untuk proses kompilasi program java menjadi bytecode yang dapat dimengerti dan dapat dijalankan oleh JRE (Java Runtime Envirotment).

  • JRE (Java Runtime Environment)

JRE adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dibangun menggunakan java. serta JRE menyediakan library, Java Virtual Machine (JVM), dan komponen lain untuk menjalankan applet dan aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman Java.

  • JVM (Java Virtual Machine)

JVM adalah inti dari Bahasa Java. JVM berfungsi untuk mengubah bahasa program yang anda buat menjadi bahasa mesin. Karena Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi maka dibutuhkan converter atau pengubah ke dalam komputer dengan menggnakan bahasa mesin. sehingga program tersebut dapat dieksekusi dan dijalankan

  • IDE (Integrated Development Environment)

IDE adalah software yang digunakan untuk membangun perangkat lunak atau aplikasi . Contoh: Netbeans, Eclipse, dll. untuk pembelajaran pemrograman saya menggunakan Netbeans IDE. Netbeans IDE dapat digunakan untuk membangun perangkat lunak berbasis J2SE, J2EE, J2ME, JavaFX, PHP,dll.

Kesimpulannya :
– JVM ada di dalam JRE dan JDK.
– JRE untuk “Menjalankan” program Java. (start.java)
– JDK untuk “Mengkompilasi” program Java. (start.class)
– IDE untuk “Membuat” program Java. (Netbeans IDE)

 

referensi:

http://endutendut.blogspot.com/2010/11/pengertian-java-dan-macam-macam-java.html

https://dhediee.wordpress.com/2010/10/15/pengertian-j2me-j2se-j2ee/

http://adesetiawan.blog.widyatama.ac.id/2015/12/21/63/

https://id.wikipedia.org/wiki/Java

http://fandyzhuo.blog.pcr.ac.id/

http://dodisawali.blog.widyatama.ac.id/2015/09/20/23/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *